Sabtu, 26 November 2016

CARA MENGENAL SEBAB PERBEDAAN PANDANGAN



1.      Orang tua
Suka atau tidak, pandangan orang tua kita tentang hidup mempengaruhi cara pandang kita juga. Anda mungkin memegang teguh nilai-nilai cita-cita warisan mereka atau malah menganut prinsip yang berbeda sama sekali dengan prinsip hidup mereka. Coba refleksikan sikap orang tua Anda dan bagaimana sikap mereka mempengaruhi sikap hidup Anda sampai saat ini.
2.      Lingkungan
Lingkungan tempat Anda berada berpengaruh besar terhadap pandangan Anda pada banyak hal.
3.      Masyarakat
Banyak orang berprestasi tinggi belajar bersama dengan orang-orang yang memiliki tingkat prestasi yang sama di sekolah. Dalam lingkungan seperti itu, mereka terpacu untuk lebih kompeten.
4.      Kegemaran
Anda mungkin mencintai olahraga ski atau tdak suka musim dingin. Mungkin Anda senang memelihata anjing-anjing peranakan pilihan atau malah pernah digigit anjing sehingga Anda sangat benci anjing. Pengalaman-pengalaman awal Anda mempengaruhi kegemaran Anda.
5.      Postur tubuh
Jika Anda berjalan tegak, dunia akan tampak lebih luas. Sebaliknya, jika Anda berjalan dengan badan membungkuk, Anda hanya bisa melihat langkah kedua kaki Anda sendiri. Cara Anda berdiri memperngaruhi apa yang bisa Anda lihat. Jika postur tubuh Anda pendek, coba bayangkan apa rasanya bisa melihat kerumunan orang dengan tubuh yang tinggi. Jangan biarkan masalah tinggi badan menjadi penghambat langkah Anda menuju masa depan.
6.      Harapan
Harapan pribadi dan orang-orang disekitar akan mempengaruhi pola pikir Anda. Coba kritisi harapan-harapan Anda sendiri. Masuklah ke situasi-situasi yang tidak Anda sukai dan temukan apa kenyataan sebenarnya.
7.      Politik
Sudut pandang politik Anda akan malahirkan sikap dan pandangan baku tertentu yang akan Anda terima atau Anda tolak. Kadang, ada baiknya bersikap netral. Sehingga kita bebas menentukan pandangan pribadi mengenai sesuatu. Perhatikan dan bandingkan manifesto partai-partai politik yang ada.
8.      Persepsi
Cara pandang Anda akan sesuatu bisa berbeda dengan cara pandang orang lain mengenai hal yang sama. Karena itu, Anda perlu memahami perbedaan persepsi orang-orang sekeliling. Hindari sikap memaksa pandangan pribadi kepada orang lain.
9.      Filosofi
Kata ini memiliki cakupan lebih luas dari sekadar agama. Keyakinan pribadi mengenai hidup, kematian dan spiritualitas membentuk pandanagan hidup Anda. Tidak ada filsafat  yang benar atau yang salah. Perhatikan bagaimana filisofi atau prinsip hidup orang di sekeliling Anda mengubah cara pandang mereka terhadap dunia.
10. Keadaan
Keadaan sangat sumpek menimbulkan perbedaan besar dalam cara pandang kita mengenai dunia. Anda bisa menilai orang ;ain lebih baik bila jumlah orang yang ada di sekitar Anda tidak banyak. Untuk itu, coba luangkan waktu bagi diri sendiri di tempat tenang. Kemudian, masuk kembali dalam keramian. Di kedua situasi itu, Anda tetap menjadi diri senidiri. Namun, Anda merasakan hal yang berbeda pada setiap situasi.

Latar belakang budaya juga memiliki pengaruh besar terhadap cara pandang Anda terhadap kehidupan. Hal ini dapat menimbulkan muncullnya dilema bagaimana harus menyelaraskan cara pandang yang telah lama terbentuk dengan kata hati yang spontan muncul saat itu. Ingat, Anda tidak dapat kembali lagi ke masa lalu yang telah membentuk kepribadian Anda saat ini. Anda juga tidak dapat memisahkan diri dari orang-orang yang membesarkan dan mencintai Anda. Ini bisa menjadi tantangan tersendiri, bila mereka dibesarkan di belahan dan budaya yang lain dan sekarang membesarkan Anda yang hidup dan bertumbuh pada budaya Anda saat ini. Coba pahami perbedaan perspektif dan fakta bahwa budaya selalu berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain. Bila sanak saudara Anda memandang dunia berbeda dengan cara pandang Anda, coba pahami alasan yang terselubung di baliknya. Belajar menghargai cara pandang mereka akan membantu Anda membentuk cara pandang pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar