Selasa, 22 November 2016

Apa dan Bagaimana Belajar Matematika?



Pengertian Belajar
Suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap yang bersifat relatif konstan dan berbekas (Winkel, 1996: 53).

Suatu proses perubahan tingkah laku individu atau seseorang melalui interaksi dengan lingkungan yang mencakup perubahan dalam kebiasaan (habit), kecakapan (skill), atau dalam tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan (Oemar Hamalik, 2003: 28).

Ciri-ciri belajar sebagai berikut:
     Ada perubahan tingkah laku, baik tingkah laku yang dapat diamati maupan tingkah laku yang tidak dapat diamati secara langsung.
     Perubahan tingkah laku meliputi tingkah laku kognitif, afektif, psikomotorik, dan campuran.
     Perubahan terjadi melalui pengalaman atau latihan.
     Perubahan tingkah laku menjadi sesuatu yang relatif menetap.
     Belajar merupakan suatu proses usaha, yang artinya belajar berlangsung dalam kurun waktu cukup lama.
     Belajar terjadi karena ada interaksi dengan lingkungan

Jenis-jenis belajar sebagai berikut:
Gagne (1985) mengemukakan 8 jenis belajar
     Belajar Isyarat (signal Learning) : melakukan atau tidak melakukan karena adanya tanda atau isyarat. Contoh : behenti bicara ketika mendapat isyarat menyilang mulut.
     Belajar Stimulus Respon: terjadi bila diri indivdu karena ada rangsangan dari luar.Misal : berbaris rapi karena ada komando, berlari karena ada anjing menggonggong.
     Belajar Rangkaian (Chaining Learning) : terjadi melalui perpaduan berbagai proses stimulusrespon yang telah dipelajari sebelumnya sehingga melahirkan perilaku yang segera atau spontan. Misal konsep merah-putih, panas – dingin, kaya –miskin.
     Belajar Asosiasi Verbal : terjadi bila individu telah mengetahui sebutan bentuk dan dapat menangkap makna yang bersifat verbal. Misal : wajahnya seperti bulan kesiangan
     Belajar Membedakan : terjadi bila individu berhadapan dengan benda , suasana atau pengalaman yang luas dan mencoba membeda-bedakan hal-hal yang jumlahnya banyak itu. Misalnya: membedakan jenis tumbuhan atas dasar urat daunnya, negara menurut tingkat kemajuan.
     Belajar Konsep : terjadi bila individu menghadapi berbagai fakta atau data yang kemudian ditafsirkan ke dalam suatu pengertian atau makna yang abstrak.  Misal : binatang, tumbuhan dan manusia termasuk makhluk hidup,
     Belajar hukum atau aturan : terjadi bila individu menggunakan beberapa rangkaian peristiwa atau perangkat data yang terdahulu atau yang diberikan sebelumnya dan menerapkannnya atua menarik kesimpulan dari data tersebut menjadi suatu aturan. Misalnya ditemukan bahwa benda memuai bila dipanaskan, iklim suatu tempat dipengaruhi oleh tempat kedudukan geografi dan astronomi di muka bumi.
     Belajar Pemecahan Masalah : menggunakan berbagai konsep atau prinsip untuk menjawab suatu pertanyaan. Misal : mengapa harga bahan bakar minyak naik, mengapa minat masuk PT menurun.

Definisi Belajar Matematika
Belajar matematika apabila pada diri orang tersebut terjadi suatu kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan tingkah laku yang berkaitan dengan matematika. Perubahan tersebut terjadi dari tidak tahu menjadi tahu konsep tersebut, dan mampu menggunakannya dalam materi lanjut atau dalam kehidupan sehari-hari (Herman Hudoyo, 1988: 4).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar belajar menjadi efektif (Slameto, 2003: 73–92):
     Adanya bimbingan dari guru.
     Kondisi internal (kondisi yang ada dalam diri siswa), kondisi eksternal (kondisi yang ada di luar diri siswa), dan strategi belajar siswa.
     Metode belajar siswa.



Sumber:
Hepsi Nindiasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar