Kamis, 01 Desember 2016

Makna Logis-Rasional



Istilah logis dan rasional merupakan dua istilah yang sangat populer dalam arti dua istilah itu amat sering digunakan orang, baik ia kaum terpelajar, maupun kaum yang bukan golongan terpelajar, digunakan orang kota dan juga orang desa.
Kant mengatakan bahwa rasional  ialah suatu pemikiran yang masuk akal tetapi menggunakan aturan hukum alam. Dengan kata lain, menurut Kant rasional itu ialah kebenaran akal yang diukur dengan hukum alam.

Teori Kant ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Tatkala anda mengatakan nabi Ibrahim dibakar tidak hangus, itu adalah hal yang tidak rasional karena menurut hukum alam sesuatu yang di bakar pasti hangus, kecuali bahan itu memang materi yang tidak hangus dibakar, sedangkan Nabi Ibrahim itu adalah materi yang hangus dibakar. Tatkala diceritakan bahwa Nabi Musa melemparkan tongkatnya ke tanah, lantas tongkat itu menjadi ular, namun dari akal pikir manusia biasa bahwa hal tersebut tidaklah rasional karena menurut hukum alam adalah tidak mungkin tongkat dapat berubah menjadi ular. Tetapi, pesawat terbang yang beratnya ratusan ton, kok dapat terbang ? ya, karena pesawat itu telah dirancang sesuai dengan hukum alam. Itu rasional. Orang tidak mungkin kebal karena hal itu berlawanan dengan hukum alam. Demikianlah sebagian pernyataan sebagai contoh.

Kesimpulannya jelas bahwa sesuatu yang rasional ialah sesuatu yang mengikuti atau sesuai dengan hukum alam; yang tidak rasional ialah yang tidak sesuai dengan hukum alam; kebenaran akal diukur dengan hukum alam. Jadi, di sini, akal itu sempit, hanya sebatas hukum alam. Itulah sebabnya dapat dikatakan bahwa pemikiran yang rasional sebenarnya belum dapat disebut pemikiran tingkat tinggi, karena rasional hanya diukur dengan hukum alam.

Bagaimana tentang logis ? kebenaran logis terbagi dua, pertama logis-rasional, seperti yang telah diuraikan di atas tadi, kedua logis-supra-rasional. Logis-supra-rasional ialah pemikiran akal yang kebenarannya hanya mengandalkan argumen, ia tidak diukur dengan hukum alam. Bila argumennya masuk akal maka ia benar sekalipun melawan hukum alam. Dengan kata lain, ukuran kebenaran logis-supra-rasional ialah logika yang ada di dalam susunan argumennya. Kebenaran logis-supra-rasional itu benar-benar bersifat abstrak. Kebenaran logis-supra-rasional itu ialah kebenaran yang masuk akal sekalipun melawan hukum alam.

Nabi Ibrahim dibakar tidak hangus. Ini tidak rasional. Ya, karena ia tidak sesuai dengan hukum alam. Tongkat Musa dilempar jadi ular. Ini tidak rasional, ia melanggar hukum alam. Nabi Ibrahim dibakar tidak hangus. Itu tidak rasional. Tetapi apakah Nabi Ibrahim dibakar tidak hangus juga tidak logis dalam arti supra-rasional?

Tuhan membuat api. Api itu terdiri atas dua substansi, yaitu api-nya dan panas-nya. Apinya dibuat oleh Tuhan, panasnya juga dibuat oleh Tuhan. (Jika bukan Tuhan yang membuatnya, kita harus memberikan uraian yang kuat untuk menjelaskannya).

Sekarang, untuk menyelamatkan utusannya, untuk sesuatu yang sangat penting, Tuhan mengubah sifat api dari panas menjadi dingin. Bolehkah Tuhan berbuat demikian? Ya, boleh saja, wong yang membuatnya Dia. Masuk akal. Inilah yang logis-supra-rasional itu. Jadi, adalah logis saja api tidak menghanguskan Ibrahim. Jadi, kasus ibrahim ini adalah kasus yang tidak rasional tetapi logi dalam arti logis- supra rasional

Kita dapat membuat ungkapan sebagai berikut:
1.   Logis ialah yang masuk akal.
2.   Logis mencakup yang rasional dan yang supra-rasional.
3.   Rasional ialah yang masuk akal dan sesuai dengan hukum alam.
4.   Supra-rasional ialah yang masuk akal sekalipun tidak sesuai dengan hukum alam.
5.   Istilah logis boleh dipakai dalam pengertian rasional atau dalam pengertian supra-rasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar