Minggu, 18 Desember 2016

Perkiraan Dan Antisipasi Terhadap Masyarakat Masa Depan



Dalan UU-RI No.2 THUN 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 telah ditetapkan bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan /atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.
A.  Perkiraan Masyarakat Masa Depan
Pendidikan selalu berlangsung dalam suatu latar belakang kemasyarakatan dan kebudayaan tertentu. Di sisi lain, pendidikan juga merupakan salah satu pilar utama dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan setiap masyarakat. Seperti halnya tercantum dalam UU No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa “Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamain perkembangan dan kelamngsungan kehidupan bangsa yang bersangkutan”.
Demi pemahaman dan karena adanya saling pengaruh antara pendidikan dan latar sosio-kultural, maka perlu dikemukakan terlebih dahulu pengertian kebudayaan. Kebudayaan yang dimaksud dalam artian luas, yakni “keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karya itu” (Koentjaraningrat, 1974: 19). Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan dapat berwujud:
·      Ideal, yakni berupa gagasan, ide, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya.
·      Perilaku, yakni perilaku berpola dari manusia dalam masyarakat.
·      Fisik, yakni benda-benda hasil karya manusia.
Pengertian yang begitu luas tersebut seringkali dipecah lagi dalam unsur-unsurnya, dan seringkali dipandang sebagai unsur-unsur universal dari kebudayaan, yakni:
·      Sistem religi dan upacara keberagamaan.
·      Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
·      Sistem pengetahuan.
·      Bahasa.
·      Kesenian.
·      Sistem mata pencaharian.
·      Sistem teknologi dan peralatan.

Unsur-unsur tersebut diurutkan mulai dari yang umumnya sukar beruabah atau kena pengaruh dari kebudayaan lain sampai yang yang paling mudah atau berubah atau diganti dengan unsur serupa dari kebudayaan lain (Koentjaraningrat, 1974: 11-13). Perlu pula dikemukakan bahwa perubahan pada salah satu dari unsur-unsur tersebut akan mempunyai dampak pada keseluruhan unsure-unsur kebudayaan lainnya.
Perkembangan masyarakat beserta kebudayaannya sekarang ini makin mengalami percepatan serta meliputi seluruh aspek kehidupan dan penghidupan manusia. Percepatan perubahan itu terutama karena percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, utamanya teknologi informasi. Sejarah telah mencatat perubahan dari masyarakat pertanian ke masyarakat industri ke masyarakat informasi. Bahkan di masa transisi dari masyarakat pertanian ke masyarakat industri serta segera diiringi perubahan ke masyarakat informasi. Perubahan yang cepat tersebut mempunyai beberapa karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai cirri masyarakat di masa depan. Beberapa diantaranya yang di bahas selanjutnya adalah:
1.   Kecenderungan Globalisasi
2.   Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
3.   Perkembangan Arus Komunikasi yang Semakin Padat
4.   Peningkatan Layanan Profesional
B.   Upaya Pendidikan dalam Mengantisipasi Masa Depan
Masyarakat masa depan dengan cirri globalisasi, kemajuan iptek, dan kesempatan menerima arus informasi yang padat dan cepat tentu memerlukan warga yang mau dan mampu menghadapi segala permasalahan serta siap menyesuaikan diri dengan situasi baru tersebut. Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan zaman baru yang akan datang. Manusia masa depan yang harus dihasilkan oleh pendidikan adalah manusia yang melek teknologi dan melek pikir yang keseluruhannya disebut melek kebudayaan.
Keberhasilan antisipasi masa depanpada akhirnya ditentukan oleh kualitas manusia yang dihasilkan oleh pendidikan. Pembangunan manusia Indonesia seutuhan merupakan kunci keberhasilan bangsa dan Negara Indonesia dalam abad 21 yang akan datang. Oleh karena itu, perlu adanya:
1.   Tuntutan bagi Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
2.   Upaya Mengantisipasi Masa Depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar